Tak Berkategori Tampilkan di Slide

“LEADERS ARE MADE, THEY ARE NOT BORN”

“LEADERS ARE MADE, THEY ARE NOT BORN” 29 July 2018Leave a comment

Mengambil nama “Leadership Development Program”, program kaderisasi yang diinisiasi oleh DPP SP BNI telah memasuki angkatan ke-empat. Bertempat di Hotel Aston Bogor, acara yang berlangsung selama 3 hari yakni 17-19 November 2016 tersebut berisi sederet materi yang sangat padat serta menghadirkan pembicara yang handal, profesional, dan kompeten di bidangnya.

Acara LDP SP BNI kali ini diikuti oleh perwakilan DPW SP BNI dimana masing-masing DPW mengirim 4 orang perwakilannya. Setelah diisi oleh materi AD/ART SP BNI dan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) oleh internal pengurus SP BNI, hari pertama langsung diisi dengan dialog interaktif bersama Direktur Utama BNI Bapak Achmad Baiquni. Didampingi oleh Ibu Ayu Pemimpin Divisi Human Capital BNI, acara dialog yang berlangsung kurang lebih 2 jam berlangsung sangat meriah serta komunikatif seiring dengan banyaknya pertanyaan dari peserta LDP. Sontak saja kesempatan yang jarang terjadi mengingat kami peserta LDP ini jarang bertemu dengan Bapak Dirut BNI dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menyalurkan aspirasi kepada orang nomor satu di BNI tersebut. Hari pertama kemudian ditutup oleh materi Tipikal Pemimpin yang Efektif oleh Bapak A. Firman Wibowo dan materi The 360º Leader oleh Bapak Aryanto Purwadi.
Hari kedua semakin seru. Rentetan materi mulai dari Gaya Kepemimpinan olh Bapak Junaidi Hisom, Peningkatan Kapabilitas Pegawai BNI Melalui BNI Corporate University oleh Bapak Putu Bagus Kresna, hingga materi Road to Wordl Class Banker yang dipaparkan oleh Alex Denni membuat seluruh peserta LDP semakin bersemangat mengikuti acara ini. Padatnya acara tidak menyurutkan gairah peserta untuk bertanya serta mengemukakan pendapat kepada para pembicara. Terlebih lagi Bapak Alex Denni, SEVP Human Capital ini merupakan pakar Human Capital yang telah melanglang buana sebelumnya di berbagai perusahan di Indonesia. Dengan gamblang mantan Pemimpin Divisi Human Capital di Bank Mandiri tersebut mempresentasikan roadmap kepegawaian BNI kedepannya.

Hari terakhir kegiatan LDP ini ditutup oleh materi Digital Banking oleh Bapak Anggoro dan Keterampilan Komunikasi oleh Bapak Ryan Kiryanto. Materi hari ini membuat para peserta semakin terbuka pengetahuan mengenai ketatnya persaingan di industri keuangan dan perbankan seiring dengan munculnya kompetitor-kompetitor baru khususnya yang bergerak melalui kekuatan digital banking. Di penghujung acara, diadakan Konsolidasi Nasional Serikat Pekerja BNI yang dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris DPW SP BNI Se Indonesia.
Dari serangkaian acara yang sangat padat dan berbobot tersebut, dapat saya tarik benang merah bahwa acara ini bertujuan mencetak pemimpin-pemimpin baru di internal BNI. Meski begitu, telah ditekankan sejak awal acara ini diadakan, acara ini tidak berkaitan dengan jabatan di BNI, tidak berkaitan dengan penilaian kinerja pegawai BNI dan peserta LDP ini tidak serta merta akan naik grade setelah mengikuti acara ini.

Dapat saya simpulkan bahwa acara ini murni diadakan untuk mencetak pemimpin-pemimpin baru BNI. Toh pemimpin disini bukan berarti Anda harus jadi Pemimpin Divisi atau Pemimpin Cabang BNI. Jangan lupa ungkapan ahli kepempinan George Ambler, “Leadership is not title or position”. Sekali lagi bahwa pemimpin tidak serta merta bisa memimpin ketika berada di posisi puncak suatu organisasi, seperti kata Pak Aryanto Purwadi ketika mengisi materi The 360º Leader. Bahwa 99% kepemimpinan bukan berasal dari posisi puncak, tapi dari tengah organisasi. Kepemimpinan yang hakiki adalah ketika kita bisa memimpin bawahan tentunya, memimpin teman sejawat, dan harus dapat memimpin atasan. Tentu bukan pekerjaan yang mudah dilakukan, tapi tentu saja bukan mustahil untuk dipraktekkan.

Jangan lupa juga untuk selalu berkembang dan berinovasi, seperti kata Bapak Junaidi Hisom ketika memaparkan materi Gaya Kepemimpinan. Selaras dengan poin ke empat Nilai Budaya Kerja BNI, perbaikan tiada henti. “Satu-satunya cara agar saya tetap menjadi pemimpin adalah saya harus senantiasa berkembang. Ketika saya berhenti berkembang, orang lain akan mengambil alih kepemimpinan tersebut” kutip bapak Junaidi Hisom menyatir quotes dari pakar kepemimpinan dunia Jhon Maxwell.
Harus saya ulangi lagi bahwa acara ini sangatlah luar biasa. Saya sendiri sangat beruntung dapat mengikuti acara ini. Hadir mewakili Serikat Pekerja DPD Malang dan DPU Probolinggo, sangat banyak sekali manfaat yang bisa saya dapat dari kegiatan ini. Serikat Pekerja DPD Malang sendiri barulah terbentuk sejak 29 Juli 2016 seiring dengan terbentuknya BNI Wilayah Malang setelah lepas dari Wilayah Surabaya.

SP BNI Probolinggo sendiri berusaha menjadi wadah bagi aspirasi pegawai BNI di Probolinggo. Menjadi penampung suara dari 100 pegawai yang terdiri dari 78 suara pegawai tetap dan 22 pegawai alih daya/outsourching, Serikat Pekerja BNI Probolinggo mencoba untuk dekat dengan seluruh pegawai. Saya sendiri berusaha untuk mengaplikasikan ilmu yang saya dapat selama 3 hari ini ke lingkungan kerja saya. Ke wadah SP BNI Probolinggo yang saya ikuti saat ini.

Namun demikian, SP BNI Probolinggo tetaplah pegawai biasa, kami akan senantiasa berusaha untuk memegang teguh filosofi swadarma bhakti nagara, yang mencerminkan semangat pantang menyerah dalam mengabdi pada bangsa dan negara khususnya BNI, untuk terus berkontribusi tiada henti dalam memajukan BNI melalui kerja yang produktif, berintegritas dan profesional. Kami siap menjadi tulang punggung perusahaan ini, hidup dari perusahaan ini, belajar dari perusahaan ini dan selalu berpikir untuk kemajuan perusahaan ini.
Sebagai kepanjangan tangan dari SP Pusat, SP BNI Probolinggo siap menjadi telingga yang mendengarkan, hati yang merasakan dan mulut yang menyuarakan aspirasi pegawai di cabang ke manajemen BNI. Dan lagi lagi harus saya ungkapkan bahwa sangat beruntung sekali menjadi bagian dari kegiatan LDP ini. Seperti filosofi Vince Lombardi, yang saya ambil sebagai judul tulisan ini, bahwa, leaders are made, they are not born. Saya yakin sekali jika acara semacam LDP ini semakin banyak diadakan BNI, akan semakin banyak lahir pemimpin-pemimpin di BNI. Yang tentunya akan membawa BNI kembali berjaya melayani negeri dan menjadi kebanggan bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *